Presentasi Kegiatan Ekskursi

SMA Kolese Kanisius turut berpartisipasi menjaga toleransi dan melestarikan keberagaman adat istiadat,agama, suku, budaya dan juga bahasa di Indonesia, melalui kegiatan ekskursi kelas 12 yang membawa tema “Bersatu dalam Keberagaman”.

 

Sebanyak 263 Siswa kelas 12 SMA Kolese Kanisius berdinamika dan tinggal bersama dengan para santri dan santriwati pada 4-6 Oktober 2022 di 12 pesantren dan 1 seminari yang tersebar di daerah Serang, Bogor, Garut, dan sekitarnya.

 

Sebagai penutup rangkaian kegiatan ekskursi, seluruh siswa kelas 12, Senin 10 Oktober 2022, melaksanakan kegiatan pemaparan atau presentasi ekskursi. Melalui presentasi ekskursi tersebut, siswa kelas 12 diharapkan dapat menunjukkan hasil atau produk dari kegiatan ekskursi yang telah dilalui.

 

Presentasi ekskursi ini pun diikuti langsung oleh guru-guru penguji dan seluruh siswa kelas 10 dan 11 yang turut memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait kegiatan ekskursi dan dinamika yang telah dialami selama 3 hari 2 malam tersebut.

 

Kegiatan presentasi ekskursi ini dibuka dengan briefing pagi dari kepala SMA Kolese Kanisius, P. Eduard C. Ratu Dopo, SJ. di aula lantai 4. Pada kesempatan tersebut, Pater Edu mengajak para Kanisian untuk mengembangkan diri secara kritis dan imajinatif, tidak hanya terkait kepintaran.

 

Lebih lanjut, Pater Edu mengajak para Kanisian untuk dapat lebih berpikir secara kritis dan “out of the box” dalam mencari solusi dalam suatu masalah dan juga terkait pentingnya toleransi dalam kehidupan sehari-hari sebagai dasar etika.

 

Usai briefing pagi, kegiatan pun dilanjutkan dengan presentasi ekskursi kelas 12 yang dilaksanakan di ruang-ruang kelas sesuai dengan daftar pembagian kelas dan dilakukan dalam dua sesi berbeda.

 

Seluruh siswa kelas 12 mempresentasikan berbagai hal dan pembelajaran apa saja yang didapatkan dari ekskursi ini yang kemudian dikaitkan dengan beberapa mata pelajaran meliputi sosiologi, ppkn, agama, geografi dan sejarah.

 

Dari pengalaman tersebut, seluruh siswa kelas 12 menjelaskan tentang ajaran agama dan pentingnya menjunjung tinggi toleransi antara satu sama lain.

 

#SMAKanisiusJakarta #SMAKoleseKanisius #CanisiusCollege #PendidikanJesuit #ccinfo #toleransi #pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight − six =