Pekan Sosial Tahun Ajaran 2022/2023

Pekan Sosial tahun ajaran 2022/2023 di SMA Kolese Kanisius diisi dengan kegiatan Ekskursi dengan tema “Bersatu Dalam Keberagaman”.

Sebanyak 263 siswa kelas 12, melaksanakan Ekskursi atau hidup dan tinggal bersama di berbagai pesantren dan seminari di Jawa Barat dan Banten pada 4-6 Oktober 2022.

 

Kegiatan Ekskursi ini dirancang untuk mendekatkan dan mengenalkan peserta didik pada keragaman suku, budaya hingga agama di Indonesia.

 

Pada kegiatan yang turut menggandeng Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah dan Seminari Stella Maris, para kanisian turut berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar, dan kegiatan harian lain yang dijalani oleh para santri maupun seminaris.

 

Kanisian juga diajak untuk belajar mengenai kaligrafi dan bahasa arab bersama dengan para santri.

 

Bukan hanya itu saja, pada pengamatan langsung yang dilakukan, para kanisian terpantau dapat berbaur bersama para santri dan seminaris. Mereka saling bercerita dan berbagi pengalaman hingga ilmu pengetahuan dan pandangan hidup.

 

Di beberapa pesantren, Kanisian juga diajak untuk turut serta mengikuti rangkaian perayaan Maulud Nabi, misalnya mengikuti pengajian dan puasa bersama.

 

Selain kegiatan-kegiatan keagamaan, para santri dan kanisian juga turut berdinamika bersama mulai dari mendaur ulang sampah, budidaya magot hingga berkebun bersama.

 

Adapula tutoring dasar-dasar pengoperasian komputer yang dilakukan oleh para Kanisian kepada para santri.

 

Sebagai informasi, lokasi yang digunakan dalam ekskursi kali ini meliputi Seminari Menengah Stella Maris, Ponpes Al-Marjan (Cipanas, Lebak Banten), Ponpes Cinta Rasul (Cibungbulan, Bogor), Ponpes Al-Ittifaq (Rancabali, Bandung), Ponpes Al-Hikmah (Tengerang, Banten), Ponpes Modern Sahid(Pamijahan, Bogor).

 

Lalu Ponpes Darul Arqam Muhammadiyah (Cibiuk, Garut), Ponpes Nur El-Falah (Petir, Serang), Ponpes Al-Furqon Muhammadiyah Tasikmalaya (Singaparna, Tasikmalaya), Ponpes Al-Furqon Muhammadiyah Garut (Cibiuk, Garut), Ponpes At-Tajdid (Singaparna, Tasikmalaya), Ponpes Nadwatul Ummah (Buntet, Cirebon), dan terakhir di Ponpes Al-Mizan (Jatiwangi, Majalengka).

 

#SMAKanisiusJakarta #SMAKoleseKanisius #CanisiusCollege #PendidikanJesuit #toleransi #pancasila #pesantren

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =