Indonesia Memiliki Berbagai Suku & Budaya

Indonesia memiliki berbagai suku, budaya, bahasa, kekayaan alam, dan adat istiadat, menjadi harta bangsa yang sangat beragam dan tidak ternilai harganya.

 

Terkait dengan hal tersebut, tantangan terberat yang akan dialami oleh generasi penerus yakni merawat persatuan dalam keberagaman yang ada di Indonesia.

 

Kaum muda sebagai generasi penerus bangsa nantinya akan memegang peranan penting sebagai agen persatuan. Pengalaman konkrit berelasi dengan masyarakat yang beragam perlu dialami langsung oleh kaum muda, pada khusunya, agar pesan persatuan dapat dirasakan langsung oleh mereka.

 

Oleh sebab itu, Kolese Kanisius kembali melaksanakan kegiatan Ekskursi yang diperuntukkan bagi para Kanisian kelas 12 dengan tema “Bersatu Dalam Keberagaman” pada 3-7 Oktober 2022.

 

Melalui kegiatan Ekskursi ini, diharpkan para kanisian dapat merasakan pengalaman konkrit berelasi di tengah masyarakat yang beragam dan mampu membantu Kanisian untuk menyadari arti penting serta cara-cara merawat persatuan.

 

Kegiatan Ekskursi ini dibuka dengan studium generale (kuliah umum) pada 3 Oktober 2022 yang dibawakan oleh tiga orang pembicara yaitu: Dr. Hatim Gazali (Anggota Pengurus PBNU-RMI), Drs. H. Iyet Mulyana H., M.Si. (Ketua LP2P Pimpinan Pusat Muhammadiyah), dan Dr. Bondan Kanumoyoso, M.Hum (Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia).

 

Setelah itu, para kanisian juga menjalani kegiatan Live in (tinggal di dalam) 12 pesantren dan satu seminari pada 4-6 Oktober 2022.

 

Untuk mewujudkan hal ini, Kolese Kanisius pun menggandeng kerja sama dengan NU, PP Muhammadiyah dan Seminari Stella Maris, Bogor.

 

Murid-murid Kolese Kanisius selama 3 hari akan menimba ilmu dan beraktivitas bersama dengan santri dan santriwati secara langsung.

 

Nantinya ilmu yang didapatkan oleh para kanisian tersebut akan dipaparkan melalui kegiatan presentasi produk akan dilaksanakan pada tanggal 10 Oktober 2022.

 

Produk kegiatan ekskursi yang dimaksud adalah esai analisis sosial yang berhasil dihimpun oleh para kanisian selama menjalani rangkaian kegiatan ekskursi.

 

#SMAKanisiusJakarta #SMAKoleseKanisius #CanisiusCollege #PendidikanJesuit #ccinfo #toleransi #indonesia #pancasila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 − 2 =