Graduation Day 2022

Jakarta – Setelah 2 tahun tidak dapat menggelar upacara Graduation Day bagi para siswa secara normal, kini SMA Kolese Kanisius berkesempatan untuk menggelar kegiatan Graduation Day 2022.
Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu 30 April 2022, dan dilaksanakan secara hybrid yakni offline dan online.
Graduation Day 2022 ini dilaksanakan di Aula SMA Kolese Kanisius dan dihadiri oleh perwakilan siswa dan wali murid serta jajaran manajemen SMA Kolese Kanisius.
Pada kegiatan ini, setidaknya terdapat 256 siswa yang dinyatakan telah lulus dan siap untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik itu di luar negeri maupun dalam negeri.
Adapun tema yang diusung pada Graduation Day 2022 ini cukup unik yakni “Per Aspera Ad Astra” yang memiliki arti “Menuju bintang melalui jerih payah.”
Bukan tanpa alasan tema ini dipilih, pasalnya dalam mengenyam pendidikan, para murid dan guru dihadapkan dengan situasi yang sangat rumit karena munculnya pandemi.
Hal ini sejalan dengan yang dikemukakan oleh Kepala SMA Kolese Kanisius, Pater Eduard C. Ratu Dopo, SJ.
“Mereka susah menjalani proses penggemblengan karakter dan intelektual mereka selama masa-masa sulit pandemi Covid-19,” katanya.
Melalui perjuangan dan kerja keras, lanjut Pater Edu, mereka juga sudah bertekad meraih bintang ataupun mimpi yaitu cita-cita mereka.
“Jadi pemimpin yang bersemangat melayani dalam berbagai bidang kehidupan yang akan mereka jalani kelak,” tambahnya.
Bukan hanya itu saja, Pater Edu juga menambahkan bahwa kini siswa kelas 12 angkatan 2022 yang mengikuti Graduasi sudah melewati masa kanak-kanak dan mulai memasuki masa dewasa.
“Setelah menyelesaikan berbagai proses pendidikan di SMA Kolese Kanisius, kini kalian akan memasuki tahapan baru yakni dapat menjadi Falcon ataupun pemimpin yang dewasa,” tuturnya.
Dia juga berpesan kepada para siswa untuk tidak gentar ataupun takut karena nantinya proses pendewasaan para murid masih akan dibentuk di berbagai universitas baik itu di luar negeri ataupun dalam negeri..
Sementara itu, Ketua Yayasan Budi Siswa yang sekaligus sebagai Rektor Kolese Kanisius, Pater Joannes Heru Hendarto SJ, menyampaikan selamat atas kelulusan para siswa.
Dalam sambutannya, Pater Heru mengatakan bahwa ia bangga dengan para murid dan guru yang dapat melalui masa-masa sulit yang tidak pernah terbayang sebelumnya yakni ketika pandemi Covid-19.
Pater Heru juga berpesan kepada para siswa agar dapat lebih mandiri dan bertanggung jawab ketika memasuki bangku perkuliahan.
“Semua tanggung jawab ada di tangan kalian, tidak ada bapak ibu guru yang mengambil andil dalam proses pembelajaran kalian seperti saat masa-masa SMA,” ujarnya .
Seluruh proses perkuliahan, mau itu selesai cepat atau lama, lanjut Pater Heru, itu semua berada di tangan kalian.
“Kemampuan mengatur diri menjadi penting, karena semuanya ada di tangan anda,” tambahnya.
Bukan hanya itu saja, Rektor Kolese Kanisius ini pun juga berpesan agar para murid juga dapat membagi waktu dengan keluarga saat menjalani proses perkuliahan.
“Jangan pernah mengatakan saya sibuk dan saya lupa, keep contact dengan orangtua,” tegasnya.
Lanjut pater Heru, Melalui kontak yang terjaga, ini dapat menjaga keutuhan keluarga, dapat saling berbagi pengalaman dan mendapatkan dukungan dari orangtua.
Pada kegiatan Graduation Day 2022 ini, terdapat hal unik yakni pemberian berbagai nominasi penghargaan yang berjumlah 15 penghargaan kepada sejumlah siswa.
Penghargaan-penghargaan ini mulai dari penghargaan di bidang akademik hingga non-akademik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + twelve =